Pemilu AS 2020: Sarah McBride menjelma senator transgender pertama

Pemilu AS 2020: Sarah McBride menjelma senator transgender pertama
  • Tom Gerken
  • BBC News

Sarah McBride dari Partai Demokrat menjadi transpuan pertama yang menjabat sebagai senator Amerika Serikat, setelah mendeklarasikan kemenangan di Negara Bagian Delaware.

Dia mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Steve Washington, dalam perlombaan memperebutkan kursi Harris McDowell, senator Demokrat yang habis masa jabatannya.

McBride, 30 tahun, bekerja sebagai penulis bidang media dari kelompok advokasi LGBT, Human Rights Campaign, & pernah menjadi pemagang di Gedung Putih selama pemerintahan Barack Obama.

Dia sekarang menjadi pejabat transgender secara kedudukan tertinggi di AS.

Di tempat lainnya, Taylor Small, 26 tahun, akan menjadi transpuan pertama sebab Negara Bagian Vermont yang menjadi anggota DPR setelah memenangkan pemilu 2020.

Di News York, Ritchie Torres, 32 tahun, akan menjadi bagian Kongres pertama yang merupakan gay kulit hitam.

Dan dia diperkirakan hendak melaju bersama kandidat gay lainnya dari New York, Mondaire Jones, yang hasil pemilunya belum muncul.

Sementara itu, anggota Partai Republik, Madison Cawthorn, 25 tahun, menang dalam North Carolina untuk menjadi bagian Kongres pertama yang lahir di era 1990-an.

Dan setelah mendapatkan kursi di Georgia, Marjorie Taylor Greene, 46 tahun, dilabeli oleh jalan Amerika Serikat sebagai “legislator perdana AS yang secara terbuka mengangkat teori konspirasi QAnon”

Greene mengaku telah menjauhi teori konspirasi QAnon dalam sebuah wawancara dengan Fox News di dalam bulan Agustus.

Dia juga mengaku sudah memecahkan rekor lainnya – menjadi perempuan pertama yang mewakili Northwest Georgia di Kongres.

Terakhir, astronaut, Mark Kelly terpilih menjadi senator dengan mewakili Arizona. Tapi dia tidak mantan astronaut pertama yang menduduki kursi Senat. Mantan senator Ohio, John Glenn, adalah eks-astronaut prima di Senat saat terpilih pada 1974 dan menjabat hingga 1999.