Israel: Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berangkat diadili dalam kasus dugaan manipulasi

Israel: Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berangkat diadili dalam kasus dugaan manipulasi

Persidangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas tuduhan korupsi telah dimulai di Jerusalem, beberapa keadaan setelah ia memulai masa posisi baru.

Netanyahu, 70, adalah pemimpin pertama negara itu yang menghadapi persidangan dugaan korupsi dalam status aktif menjabat. Dia membantah tuduhan suap, penipuan, & pelanggaran kepercayaan ( breach of trust ).

Saat tiba dalam gedung pengadilan untuk persidangan yang singkat itu, ia mengatakan kalau kasus-kasus itu ditujukan untuk “menjatuhkannya dengan cara apa pun dengan memungkinkan”.

Dia dilantik kembali ke jabatannya sebagai besar pemerintahan persatuan seminggu yang berantakan.

Saingan politiknya, Benny Gantz, setuju untuk berbagi kewibawaan setelah tiga pemilihan umum yang tanpa hasil digelar dalam waktu kurang dari setahun.

Dia telah menolak permintaan oleh lawan politik untuk mundur saat menghadapi kasus korupsi.

Pemimpin partai sayap kanan Likud ini adalah perdana menteri terlama di Israel, yang telah berkuasa terus menerus sejak 2009. Tempat juga menjabat pada periode 1996-1999.

Apa yang terjadi di pengadilan?

Ketika dia tiba di Pengadilan Daerah Jerusalem pada Minggu (25/05), dia mengatakan kepada wartawan: “Saya pada sini dengan berdiri tegak dan kepala saya terangkat tinggi. ”

“Ketika Anda mau menjatuhkan saya, perdana menteri dengan kuat dari kanan, semuanya mungkin, ” tambahnya.

Pada awal persidangan, yang berlangsung kira-kira satu jam, Netanyahu mengatakan pada para hakim: “Saya membaca dan memahami dakwaan. ”

Dia berdiri dengan masker serta menolak untuk duduk di dipan terdakwa sampai para wartawan mengalpakan ruangan, kata media setempat.

Pengacaranya mengatakan mereka menetapkan beberapa bulan untuk mempersiapkan pembelaan mereka. Tanggal untuk sidang berikutnya telah ditetapkan pada 19 Juli.

Apa yang pada tuduhkan pada Netanyahu?

Netanyahu dituduh dalam tiga kasus, yang dikenal sebagai 1. 000, 2. 000, dan 4. 000.

  • Urusan 1. 000 – Penipuan dan pelanggaran kepercayaan: ia dituduh menerima hadiah – terutama cerutu & botol sampanye – dari pengusaha yang kuat dengan imbalan bantuan
  • Kasus 2. 000 – Penipuan dan pelanggaran kepercayaan: Netanyahu dituduh menawarkan untuk menolong meningkatkan penjualan surat kabar Israel Yediot Ahrono t dengan imbalan berupa keterangan positif
  • Kasus 4. 000 – Penyuapan, penipuan & pelanggaran kepercayaan: sebagai PM dan menteri komunikasi pada saat dugaan pelanggaran terjadi, Netanyahu dituduh mewujudkan keputusan yang menguntungkan pemegang bagian di raksasa telekomunikasi Bezeq, Shaul Elovitch, sebagai imbalan untuk liputan positif oleh situs berita Walla , milik Elovitch

Netanyahu menengkari keras semua tuduhan terhadapnya, & menyebutnya sebagai “perburuan penyihir” oleh lawan-lawan politiknya.

Ia bersumpah untuk membersihkan namanya.

Bagaimana perdana menteri dapat m elayani publik dan diadili pada saat yang persis?

Menurut dasar Israel, seorang pemimpin yang dituduh melakukan kejahatan tidak diharuskan mengundurkan diri. Namun belum ada ikutan terkait ini.

Seorang mantan perdana menteri, Ehud Olmert, mengundurkan diri sebagai kepala partai ketika dia sedang diselidiki terkait kasus korupsi pada 2008, tetapi secara teknis tetap menjabat sebagai perdana menteri sampai penetapan tahun berikutnya – jajak prinsip yang membawa Benjamin Netanyahu berkuasa.

Di bawah suara pembagian kekuasaan dengan Benny Gantz, peran baru “perdana menteri pengganti” telah dibuat, yang berarti ketika kedua orang itu berganti kedudukan dalam waktu 18 bulan, Netanyahu masih akan menduduki kantor perdana menteri sebagai wakil Gantz.

Apa arti persidangan bagi negara?

Singkatnya, perdana menteri yang menduduki posisi terkuat dalam negeri itu tengah berusaha membersihkan namanya dan menghindari hukuman penjara.

Pemimpin oposisi Yair Lapid menyebutnya “memalukan” dan “mengerikan bagi semangat bangsa” meskipun peristiwa itu diharapkan tidak akan mempengaruhi kebijakan pemerintah.

Netanyahu kemungkinan akan terus lulus dengan rencana untuk mencaplok kawasan Yahudi dan Lembah Jordan – wilayah di Tepi Barat yang diduduki – dalam beberapa kamar mendatang, sebuah langkah yang nyata akan membuat geram warga Palestina.

Opini publik dalam Israel tentang apakah Netanyahu kudu lanjut sebagai perdana menteri terpecah: para kritikus mengatakan persidangan menyusun Netanyahu tidak bisa berkerja seolah-olah semestinya, tetapi pendukungnya – termasuk partainya – mengatakan ia sudah dipilih secara demokratis dan tak bisa disuruh mundur.

Bahkan jika dia dinyatakan bersalah, Netanyahu tidak akan diminta untuk mengundurkan diri sampai seluruh tahapan banding selesai- yang secara teori dapat berlangsung berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun ke depan.

Dalam kasus Ehud Olmert, mantan perdana menteri yang diadili di dalam tahun 2009, ia baru melaksanakan hukumannya pada tahun 2016 sebab proses hukum yang panjang.